Kapolda Lampung Tekankan Strategi Cooling System Pilkada

19/09/2024 21:29:21 WIB 5

BANDARLAMPUNG - Kapolda Lampung, Irjen Pol Helmy Santika, menghadiri acara Penguatan Internal Pelaksanaan Kegiatan Rutin Yang Ditingkatkan (KRYD) terkait Cooling System dalam rangka pengamanan Pemilukada Serentak 2024 yang berlangsung di Ballroom Hotel Novotel Lampung, Kamis (19/9/2024).

Acara ini dihadiri oleh Waka Ops Nusantara Cooling System 2024, Brigjen Pol Yuyun Yudhantara, beserta timnya yang terdiri dari perwira tinggi Polri serta PJU Polda Lampung, Kapolres/ta jajaran, perwakilan Bhabinkamtibmas, dan seluruh satuan kerja Polda Lampung.

Dalam sambutannya, Kapolda Lampung Irjen Pol Helmy Santika menegaskan pentingnya penerapan Cooling System sebagai upaya preemptif dan preventif untuk menjaga situasi tetap kondusif selama Pemilukada Serentak 2024.

"Cooling System ini merupakan perintah dari pusat yang harus diimplementasikan di wilayah dalam menghadapi tantangan-tantangan pelaksanaan Pemilukada," ujar Helmy.

Helmy menjelaskan bahwa Cooling System berfungsi sebagai strategi untuk mencegah potensi gangguan dan konflik yang dapat mengganggu pelaksanaan Pilkada.

"Kita harus memastikan strategi ini berjalan efektif, terutama di Provinsi Lampung yang memiliki potensi kerawanan cukup tinggi mengingat tingginya jumlah penduduk dan akan dilaksanakan Pilkada serentak di seluruh kabupaten/kota," jelasnya.

"Antena sensitivitas kita harus ditingkatkan, sekecil apapun persoalan yang ada segera ambil langkah antisipatif agar tidak berkembang menjadi gangguan nyata." tambah Kapolda.

Waka Ops CSN Brigjen Pol Yuyun Yudhantara juga menekankan pentingnya tugas pokok Cooling System untuk mengantisipasi potensi konflik menjelang Pilkada.

“Tahapan Pilkada Serentak akan segera dimulai, dan Provinsi Lampung masuk dalam kategori rawan. Oleh karena itu, kegiatan Cooling System menjelang Pilkada perlu dioptimalkan,” ungkap Yuyun.

Ia juga menekankan perlunya pendekatan kearifan lokal dan melibatkan tokoh serta organisasi berpengaruh dalam menjaga stabilitas wilayah.

“Cooling System sangat diperlukan untuk mewujudkan Pilkada Serentak yang aman dan damai, dan ini harus dilakukan sebelum tahapan Pemilu dimulai.” tambah Yuyun.

Selain itu, Yuyun mengajak seluruh elemen masyarakat untuk berperan aktif dalam menjaga keamanan dan ketertiban.

"Mari bersama-sama kita redam setiap ancaman dan potensi konflik, kita tegakkan semangat persatuan dan kesatuan, serta junjung tinggi netralitas demi terciptanya Pilkada Serentak 2024 yang sejuk, aman, dan damai," tegasnya.

Kapolda Helmy juga menekankan bahwa pendekatan Cooling System yang humanis dan persuasif harus menjadi prioritas dalam setiap kegiatan kepolisian.

"Kita kedepankan tindakan yang sifatnya humanis, jangan hanya represif. Ini adalah langkah strategis yang sangat baik dan harus kita dukung bersama demi kesuksesan Pilkada Serentak 2024," tutup Helmy.

Acara ini diharapkan mampu memperkuat kesiapan seluruh personel Polda Lampung dalam menghadapi berbagai potensi kerawanan yang mungkin muncul selama proses Pemilukada berlangsung, serta memastikan bahwa situasi keamanan tetap terkendali.
 

Share this post